Rabu, 25 Juli 2012

SOSIALISASI PELAYANAN VAKSINASI INTERNASIONAL


KKP Kelas II Semarang pada tanggal 16 Juli 2012 melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pelayanan Vaksinasi Internasional  bertempat di hotel Grasia Semarang. Sebagai narasumber  adalah Kepala kantor KKP Semarang, dr. Anas Ma’ruf MKM yang membawakan materi “Pelayanan Vaksinasi Internasional di KKP Semarang”. Narasumber lainnya adalah pakar imunisasi dari Bagian Anak Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang  yaitu dr. Gatot Irawan SpA(K) yang membawakan materi “Manfaat Vaksinasi Bagi Kesehatan Individu dan Masyarakat”.

Peserta pertemuan adalah pimpinan/perwakilan biro perjalanan haji dan umroh yang berada di Semarang dan sekitarnya, perwakilan RSUP dr. Kariadi dan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. Disamping itu pertemuan juga diikuti oleh Koordinator wilayah Kerja (Wilker) di lingkungan KKP Semarang yang melakukan pelayanan vaksinasi serta staf kantor induk. Sebagaimana telah diketahui bahwa untuk mendekatkan pelayanan, pada tahun 2012 KKP Semarang telah menambah pos pelayanan vaksinasi dari semula 5 pos menjadi 7 pos. Kelima pos yang lama adalah : kantor induk Pelabuhan Tanjung Emas, wilker pelabuhan laut Pekalongan, Wilker pelabuhan laut  Juwana Pati, wilker Bandara Adi Sumarmo Solo dan wilker Bandara  Adi Sutjipto Yogyakarta (kini telah menjadi KKP Kelas IV). Sedangkan dua pos yang baru adalah wilker pelabuhan laut Jepara dan wilker pelabuhan laut Tegal.
Pertemuan ini bertujuan untuk sosialisasi dan advokasi serta membentuk jejaring pelayanan vaksinasi terutama antara provider dan customer untuk menghindari pemalsuan ICV (Internasional Certificate of Vaccination).
    Dalam paparannya, kepala kantor, dr Anas Ma’ruf MKM antara lain menyampaikan kebijakan pemerintah dalam pelayanan vaksinasi meningitis bagi jamaah umroh sebagaimana tertuang alam Surat Edaran Sesjen Kemenkes nomor TU.01.02/D.I/480/2012 tanggal 20 Maret 2012. Juga disampaikan kebijakan teknis tentang pelayanan vaksinasi meningitis umroh baik yang tertuang dalam surat-surat  Sesjen maupun Dirjen PP dan PL Kemenkes. Sementara dr Gatot Irawan SpA(K) memaparkan antara lain pentingnya vaksinasi bagi traveller termasuk jamaah haji/umroh  sebagai perlindungan dari penyakit-penyakit menular tertentu yang dapat dicegah melalui vaksinasi/imunisasi. Disampaikan bahwa selain melindungi individu, vaksinasi juga melindungi keluarga, masyarakat  dari penyebaran penyakit tertentu yang potensial wabah. Dan lebih luas lagi, vaksinasi juga melindungi  negara terhadap ancaman masuknya  penyakit yang endemis di negara lain. Dengan kata lain bahwa vaksinasi internasional adalah bagian dari upaya menjaga kesehatan negara.
Dua diantara beberapa kesepakatan penting dalam pertemuan tersebut adalah bahwa KKP Semarang akan lebih meningkatkan pelayanan vaksinasi internasional. Sementara biro perjalanan haji/umroh akan membina komunikasi dan jejaring dengan KKP Semarang terutama untuk menghindari terjadinya pemalsuan ICV. 

1 komentar:

Unknown mengatakan...

memang vaksinasi harus disosialisasikan untuk menambah pengetahuan masyarakat.

Alat Kesehatan nebulizer

Posting Komentar