Kamis, 06 September 2012

KURSUS HIGIENE SANITASI MAKANAN BAGI PENJAMAH MAKANAN JASABOGA PESAWAT HAJI



Dalam rangka menghadapi operasional haji tahun 1433H/2012M, pada tanggal 3 September 2012  KKP Semarang bekerja sama dengan PT. Aero Prima Food Service Cabang Surakarta (penyedia jasaboga haji di pesawat) mengadakan kursus higiene sanitasi makanan bagi penjamah makanan. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama sehari penuh di kantor PT Aero Prima yang terletak di kawasan Bandara Internasional Adisumarmo Surakarta. Peserta berjumlah 45 orang penjamah makanan yang kesemuanya merupakan karyawan outsourcing yang dikontrak selama musim haji.

Materi yang diberikan antara lain perundang-undangan yang berkaitan dengan higiene sanitasi makanan, bahan pencemar makanan, kebersihan perorangan, penyakit bawaan makanan, prinsip higiene sanitasi makanan dan minuman, pencucian dan penyimpanan peralatan pengolahan makanan, serta pembuangan sampah dan limbah.
Acara dibuka oleh General Manager (GM) PT Aero Prima, M Rusli.  Dalam arahannya GM mengharapkan agar para peserta memperhatikan materi yang diberikan oleh narasumber. GM juga mengharapkan kepada peserta untuk disiplin dalam mempraktekan pengetahuan yang didapat, sehingga makanan yang disajikan untuk jamaah haji  aman dan sehat.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Semarang, dr. Anas Ma’ruf, MKM, dalam sambutannya mengatakan bahwa penyelenggaraan konsumsi di pesawat bagi jamaah haji harus benar-benar terawasi, karena kita tidak ingin kejadian yang tidak diharapkan terjadi di pesawat  setelah mengkonsumsi makanan yang di sajikan. Dan sesuai peraturan perundangan yang berlaku, maka KKP mempunyai tugas untuk mengawasi dan membina penyedia jasaboga di pesawat dan penyedia jasaboga lainnya lingkungan bandara/pelabuhan/lintas batas darat negara sesuai Permenkes No 1096 tahun 2011 tentang Higiene Sanitasi Jasaboga.(Suprapto)

0 komentar:

Posting Komentar