Rabu, 15 Agustus 2012

DIRJEN PP DAN PL PANTAU ARUS MUDIK LEBARAN 2012 DI YOGYAKARTA DAN JAWA TENGAH


Dijen PP dan PL, prof. Tjandra Yogya Aditama, 
meninjau TTU dan TTM di Terninal 
Bus Giwangan Yogyakarta.
Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (PP dan PL) Kemenkes RI, prof. Tjandra Yoga Aditama melakukan pemantauan pelayanan arus mudik lebaran 2012 di Yogyakarta dan Jawa Tengah pada senin 13 Agustus 2012. Dalam kunjungannya, Dirjen didampingi tim yang terdiri dari Letkol Subono (Korlantas Polri), Sri Handini (Kasubag Humas Ditjen PP dan PL) beserta staf dan Sumarsinah (Kasubdit  Pengendalian Gangguan Akibat Kecelakaan dan Tindak Kekerasan) beserta staf. Sementara tim dari daerah berasal dari Dinkesprov DIY, Dinkesprov Jateng, Polda DIY, BBTKL PP Yogyakarta, KKP Semarang dan KKP Yogyakarta.
             
Pemantauan dilakukan pertama di pos Kesehatan KKP Yogyakarta yang berada di Bandara Adi sucipto. Selanjutnya tim melalukan pemantauan di terminal Giwangan Yogyakarta. Di Terminal yang terletak di bagian tenggara kota Yogyakarta ini, Dirjjen PP dan PL melakukan peninjauan kegiatan pemeriksaan kesehatan dan narkoba pada sopir bus. Di tempat ini, Dirjen juga melakukan peninjauan dan berdialog dengan petugas pos terpadu (dishub, polres, dinkes, PMI, jasa raharja, dll), pedagang makanan dan minuman, serta meninjau sarana TTU seperti WC dan lain-lain.
            Selanjutnya tim yang dipandu oleh foreider Polda Yogyakarta ini melanjutkan perjalanan menuju  stasiun kereta api Lempuyangan Yogyakarta, RS PKU Muhammadiyah Godean, serta terminal Wates Kulon Progo. Selanjutnya tim melakukan sholat dhuhur di masjid Agung Kulon Progo.
            Dari Kulon Progo, selanjutnya iring-iringan kendaraan melanjutkan perjalanan menuju ke provinsi Jawa Tengah. Tujuan pertama adalah terminal bus Muntilan. Selanjutnya puskesmas Muntilan II, posko terpadu Tlondo (kota Mungkid), dan terminal bus Magelang.
            Kemudian tim kembali ke Yogyakarta. Dalam perjalanan menuju Yogyakarta, Dirjen dan tim melakukan peninjauan posko-posko terpadu di sepanjang jalan utama yang menghubungkan  provinsi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta seperti posko Tempel Sleman, posko Jombor Sleman. Dirjen juga meninjau pelayanan kesehatan di RSUD Sleman dan RSAU Harjo Lukito Yogyakarta.
            Dalam kunjungannya ini, Dirjen selalu memantau kesiagaan petugas, mengecek peralatan dan logistik, memeriksa TTM dan TTU, serta berdialog dengan petugas. Tim juga disambut baik oleh jajaran dinas kesehatan, dinas perhubungan, kepolisian setempat dan kepala terminal. Di beberapa posko terpadu, seperti posko Tlondo, Tempel dan Jombor terlihat peran serta masyarakat seperti ORARI dan Pramuka Saka Bayangkara.
            Beberapa catatan dan arahan dari Dirjen PP dan PL selama pemantauan antara lain:
  1. Semua pos sudah siap untuk memberikan pelayanan kesehatan selama arus mudik dan balik  lebaran 2012. Diharapkan semua petugas bekerja lebih baik terutama saat puncak arus mudik dan arus balik.
  2. Dirjen memberikan apresiasi terhadap posko terpadu. Karena memang demikianlah yang diharapkan pemerintah, bahwa semua unit terkait memberikan pelayanan masyarakat (public service) dalam rangka arus mudik dan balik lebaran secara terpadu. Dirjen juga memberikan apresiasi terhadap masyarakat yang terlibat dalam posko terpadu ini.
  3. Dirjen PP dan PL mengaharapkan agar petugas sigap dan ramah dalam memberikan pelayanan baik keamanan, kenyamanan maupun kesehatan kepada pemudik.
  4. Agar posko terpadu, terutama yang berada di bandara, stasiun atau terminal, meningkatkan promosi dan pesan kesehatan kepada pemudik. Hal ini bisa dilakukan dengan menyebar leaflet, pemasangan spanduk/poster yang besar, atau dengan pengeras suara (Ans).
 Foto-foto :
Foto : Dijen PP dan PL, prof. Tjandra Yogya Aditama (paling kanan),
berdialog dengan GM Angkasa Pura Bandara Adi Sucipto Yogyakarta 
di pos kesehatan KKP Yogyakarta.
Foto : Dijen PP dan PL, prof. Tjandra Yogya Aditama, foto bersama dengan tim di pos kesehatan KKP Yogyakarta.

Add caption

Foto : Dijen PP dan PL, prof. Tjandra Yogya Aditama, diwawancarai wartawan saat kunjungan di stasiun kereta api Lempuyangan Yogyakarta.
Foto : Dijen PP dan PL, prof. Tjandra Yogya Aditama, foto bersama dengan petugas Puskesmas Muntilan II, Jawa Tengah.


Foto : Dijen PP dan PL, prof. Tjandra Yogya Aditama, berdialog dengan petugas di posko terpadu Tlondo, yang terletak di Mungkid-Magelang.

0 komentar:

Posting Komentar