Rabu, 15 Agustus 2012

KKP SEMARANG DAN DINKES JATENG ADAKAN SKRINING KASUS MALARIA IMPORT


Foto : Penumpang kapal Leuser, baru turun dari kapal 
setelah menempuh perjalanan k/l 23 jam Kumai-Semarang.
KKP Semarang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah dan Balai Laboratorium Kesehatan (BLK) Semarang pada 13 – 17 Agustus 2012  melakukan skrining malaria pada penumpang kapal yang berlabuh di pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Skrining dilakukan dengan cara pengambilan sampel darah secara acak kepada penumpang kapal dari daerah endemis malaria. Direncanakan sebanyak 210 sampel akan diambil dan selanjutnya akan diperiksa oleh BLK. 

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk SKD (sistem kewaspadaan dini) kasus malaria import selama arus mudik lebaran 2012. Seperti diketahui bahwa dengan meningkatnya perpindahan penduduk saat mudik lebaran, maka akan meningkatkan risiko penyebaran penyakit. Oleh karena itu penyebaran penyakit menular harus diiwaspadi, salah satunya adalah malaria. Data yang ada di Jateng menunjukkan bahwa ditemukan beberapa kasus malaria import menjelang dan setelah lebaran di beberapa kabupaten/kota yang sebelumnya bebas malaria. 

Direncanakan data hasil pemeriksaan sampel akan diberikan kepada dinas kesehatan kabupaten/kota. Hal ini untuk langkah tindak lanjut kabupaten/kota dalam rangka SKD kasus malaria import. Diharapkan dengan kegiatan ini, kasus malaria import dapat ditekan atau tidak dihindarkan. (Ans)

Foto-foto :
Foto : penumpang yang baru turun dari kapal, diminta kesediannya diambel sampel darah sukarela secara acak.
Foto : Pengambilan sampel darah oleh petugas BLK dan Dinkesprov, pencatatan dibantu oleh mahasiswa yang sedang PKL.

1 komentar:

Yudi Tino Arindra mengatakan...

Kangen....pengen kegiatan bareng dengan KKP Semarang lagi.

Posting Komentar