Kamis, 16 Agustus 2012

PEMERIKSAAN NARKOBA PADA ABK

Petugas KKP Semarang sedang menguji sampel urin ABK

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Semarang pada tanggal 14 - 16 Agsutus 2012 melakukan pemeriksaan  narkoba pada 50 ABK secara acak. Pemeriksaan ini dilakukan terhadap awak kapal penumpang yang sandar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.
            Alat yang digunakan adalah Rapid Diagnosis Test (RDT) narkoba untuk mendeteksi adanya narkoba pada urine. Adapun jenis narkoba yang akan dideteksi dalam pemeriksaan ini terdiri dari 6 (enam) parameter, yaitu: golongan Amphetamine (AMP), Methamphetamine (METH), Cocain (COC), Morphin (MOP), THC, Benzodiazephine (BZO). Hasil pemeriksaan, dari 50 sampel yang diperiksa, seluruhnya negatif untuk semua parameter golongan narkoba tersebut.
Petugas memberitahu dan menjelaskan hasil tes narkoba pada ABK
            Menurut Kepala KKP Semarang, dr. Anas Ma’ruf MKM,  pemeriksaan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan keamanan, keselamatan  dan kesehatan pelayaran selama arus mudik dan balik lebaran 2012. Oleh karena itu perlu dilakukan pemeriksaan  secara acak (spot test) terutama kepada ABK kapal penumpang untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kecelakaan.  Apalagi pada masa mudik/balik lebaran tentunya terjadi peningkatan jumlah penumpang yang sangat signifikan. “Pemeriksaan secara acak tersebut merupakan langkah awal pencegahan kemungkinan terjadinya kecelakaan yang disebabkan ABK menggunakan narkoba” ujarnya.
            Tentunya kita masih ingat dengan kasus narkoba yang terjadi pada pilot pesawat yang ramai diberitakan pada bulan Februari silam dan mengguncang dunia penerbangan tanah air. Kasus narkoba pada pilot ini mengancam keamanan dan keselamatan penumpang pesawat. Saat ini pemeriksaan narkoba pada pilot sudah dilakukan dengan ketat dan rutin.
            Jangan sampai kasus narkoba terjadi pada nahkoda dan awak kapal lainnya. karena moda transportasi kapal sangat berpotensi untuk mengangkut penumpang dalam jumlah yang besar terutama pada saat arus mudik dan balik lebaran.(Bonk).

3 komentar:

Yudi Tino Arindra mengatakan...

Sungguh bermanfaat bagi kami kegiatan yang dilakukan KKP Semarang saat kami Magang.

Fortuner SUV Terbaik mengatakan...

Ini adalah kegiatan yang perlu terus dilakukan
Semangat :)

vebi mengatakan...

makasih atas artikel nya ya,,,kegiatan pemeriksaan nie harus sesering mungkin dilakukan,supaya tidak ada anak bangsa kita yng memakai narkoba

Posting Komentar