Rabu, 05 Desember 2012

DEBARKASI HAJI SOC TAHUN 2012 BERAKHIR




Evakuasi jenazah di bandara
             Kamis 29 Nov 2012 adalah hari terakhir debarkasi SOC. Kloter terakhir yakni kloter 89 yang merupakan kloter gabungan dari kabupaten Pemalang dan 25 kabupaten/kota lainnnya telah mendarat di solo pada hari kamis jam 12.05 wib. Selanjunya pada malam harinya dilanjutkan dengan  rapat evaluasi mingguan PPIH Debarkasi SOC dan pagi harinya dilakukan apel pembubaran satgas PPIH.
 
             Sementara itu rapat evaluasi TPKH (Tim Penyelenggara Kesehatan Haji) Debarkasi SOC dilaksanakan pada kamis 29 November 2012 setelah kloter terakhir meninggalkan asrama haji Donohudan Boyolali. Rapat dipimpin oleh Kepala KKP Semarang (dr. Anas Ma'ruf, MKM) dan Kasubag TU (Badar Kirwono, SKM, MKes) . Selain dihadiri oleh TPKH yang berjumlah 55 orang, rapat juga diikuti oleh perwakilan Puskes Haji (dr. T Alfarizi MKes, dr. Etty dan dr. Rosi) yang kebetulan sedang melaksanakan monev dan asistensi ke Debarkasi SOC. 


            Dari hasil rapat evaluasi diketahui bahwa total jamaah haji yang pulang ke tanah air melalui Debarkasi SOC berjumlah 33.132 orang. Sementara jamaah yang wafat berjumlah 76 orang, 3 orang masih tinggal di Arab, dan 5 org pulang lewat debarkasi lain. Sehingga total jamaah adalah 33.216 orang. Jumlah ini sesuai dengan data jumlah jamaah yang berangkat.
Dari 76 jamaah yg wafat, rinciannya adalah : 73 wafat di Arab, 2 orang wafat di RS Muwardi dan 1 wafat di pesawat saat kepulangan.

            Selama masa debarkasi, jumlah kunjungan ke poliklinik  sebanyak 739 orang (terdiri dr 576 jamaah, 163 petugas). Jumlah rujukan ke RS Muwardi sebanyak 78 orang,  rujuk ke RS daerah sebanyak 26 orang.

sementara penggantian K3JH sebanyak 3.343 orang, angka ini hampir 10% dari total jamaah.

            Sementara itu dalam rangka kewaspadaan terhadap corona virus, ternyata samapai akhir masa debarkasi tidak ditemukan jamaah haji dengan suspek corona virus.

            Selain itu, KKP Semarang bekerjasama dengan Dinkesprov Jateng dan BLK (Balai Laboratorium Kesehatan)  Semarang melakukan kewaspadaan dini meningitis dengan pengambilan sampel nasofaring secara acak pada 11 kloter. Total sampel yang diambil adalah 1446 sampel. Sebanyak 1026 sampel sudah diperiksa, hasilnya negatif meningokokus.

            Kegiatan PRL yg dilakukan selama masa debarkasi antara lain organoleptik (540 kali), pengambilan dan pemeriksaan sampel catering pesawat (23 kali), pengawasan sanitasi asrama haji (29 kali), pengendalian vektor (4 kali), pemeriksaan pesawat (89 kali), pengawasan air bersih (4 kali).

            Secara umum pelaksanaan debarkasi SOC tahun 2012 berjalan baik dan lancar.




Spanduk KKP Semarang didepan poliklinik debarkasi



Evakuasi jamaah uzur dan sakit di bandara



Evakuasi jamaah sakit menuju poliklinik di asrama debarkasi

Menunggu pesawat haji landing


Pasang infus pada jamaah haji yang dehidrasi setiba di poliklinik debarkasi


Pengambilan sampel usap nasofaring

Cek dan cap K3JH dilakukan di bus setelah jamaah turun dari pesawat


Malam, hujan dan dinginpun tetap TANGGUH DAN PRIMA melayani jamaah haji
 

2 komentar:

McKenru mengatakan...

KKP....MANTAAABBB....

Suparlan Davin Ilmany mengatakan...

Semoga tetap Tangguh Prima Bravo KKP SEMARANG

Posting Komentar