Pada tanggal
6-8 Desember 2012, KKP Semarang melaksanakan kegiatan sosialisasi dan persiapan
ISO 9001:2008 bertempat di hotel Pandanaran Semarang. Peserta pertemuan
berjumlah 30 orang yang terdiri dari pejabat struktural, staf kantor induk
serta koordinator wilker.
Sebagai
narasumber pelatihan ini adalah KZA (Karya Zata Amani) Consultant yang sudah mempunyai pengalaman dalam sertifikasi ISO
9001:2008 di berbagai instansi pelayanan baik pemerintah maupun swasta.
Beberapat unit di Kementerian Kesehatan pusat juga pernah bekerja sama dengan
lembaga ini. Sementara itu, berbagai rumah sakit dan puskesmas di Provinsi Jawa
Tengah dan DI Yogyakarta juga telah berhasil meraih sertifikat ISO 9001:2008
dengan pendampingan KZA C ini.
Dalam acara pembukaan yang dilaksanakan pada tanggal 6 Desember 2012 jam 09.00 wib, hadir dan memberikan arahan Kasubag Humas Ditjen PP dan PL, Sri Handini SH MKes yang mewakili Kabag HOH. Hadir juga Kasubag Organisasi, Imam Setiaji SH. Dalam arahannya Kasubag Humas memberikan apresiasi kepada KKP Semarang yang telah mulai berproses untuk mendapatkan sertifikat ISO 9001:2008. “Saya memberikan apresiasi kepada KKP Semarang yang telah mulai berproses sertifikasi ISO, hal ini menindaklanjuti pertemuan sosialisasi ISO 9001:2008 kepada KKP seluruh Indonesia pada akhir November 2011 di Cikarang” demikian katanya. Dalam bagian lain, Kasubag Humas Ditjen PP dan PL membacakan sambutan Dirjen PP dan PL dalam rangka pelaksanaan ISO di KKP. “Bapak Dirjen mengaharapkan agar pelayanan publik di KKP harus ditingkatkan secara bertahap. ISO 9001:2008 merupakan salah satu standarisasi internasional dalam menjaga mutu manajemen pelayanan”, ungkap ibu Handini. Pada tahun 2013, Ditjen PP dan PL menganggarkan dana untuk proses sertifikasi ISO 9001:2008 baik di unit pusat maupun di KKP. Ada beberapa KKP yang akan dipilih untuk menerapkan ISO 9001:2008 sebagai pilot.
Sebagaimana
telah diketahui bahwa saat ini ISOnisasi, istilah untuk semangat menerapkan
ISO, sedang berkembang di Kemenkes. Banyak unit utama di pusat maupun UPT yang
sudah mendapatkan sertifikat ISO 9001:2008 seperti Biro Kepegawaian, Puskomlik,
Balai Besar Pelatihan Kesehatan Cilandak, Rumah Sakit vertikal, BBTKL PP, dll.
KKP sebagai UPT Ditjen juga harus segera menyongsong ISO 9001:2008.
Kantor
Kesehatan Pelabuhan (KKP) Semarang, berupaya
untuk mewujudkan standar mutu manajemen melalui penerapan ISO 9001:2008 secara bertahap. Pada tahun 2012 ini adalah awal
persiapan ISO tersebut. Awal tahun 2013 diharapkan KKP Semarang telah mulai
berproses menyiapkan sarana dan prasarana sesuai tuntutan ISO. Pada akhir tahun
2013, KKP Semarang berharap sudah mulai
bisa dievaluasi oleh Tim Independen untuk mendapatkan sertifikat ISO 9001:2008.
Dengan
menerapkan ISO 9001:2008, maka KKP Semarang berharap juga akan sekaligus dapat
menerapkan ZI (Zona Integritas) dan WBBKM (Wilayah Birokrasi Bersih, Kompeten
dan Melayani). Karena dengan ISO 9001:2008, transparansi, akuntabilitas dan
dokumentasi akan berjalan dengan baik. Demikian juga koordinasi antar unit dan
kebersamaan akan berjalan lebih baik. Kompetensi petugas juga akan terjaga,
karena disamping syarat pendidikan dan pelatihan, maka juga akan banyak SOP (standard operating procedur) yang dibuat
dan dijalankan. Semangat MELAYANI jelas akan terpenuhi, karena itulah inti dari
ISO 9001:2008, bahwa kepuasan pelanggan adalah tujuan utamanya. (Ans).
Peserta
pertemuan Sosialisasi dan Persiapan ISO 9001:2008
KKP Semarang tengah mengerjakan tugas dari fasilitator |
Pertemuan
hari ke-2, fasilitator sedang member penjelasan
|
Peserta
pertemuan serius menyimak presentasi fasilitator
|
1 komentar:
kkp semarang is the best...
Posting Komentar